:: pages

Blog ini sudah tidak aktif, silakan kunjungi website ini.

Saturday, September 13, 2008

Sesuatu yang Hilang

Kurang lebih 1 tahun sudah saya mengenal dunia trading khususnya Forex. Profit, loss, margin call, high volatility, boring market, sideways, unpredictable gap, black Friday, crazy Monday..... semua pernah saya alami, dan semua saya anggap sebagai bagian dari perjalanan atau proses belajar yang memang harus saya (kita semua) alami, karena masih akan banyak lagi 'kejutan-kejutan' lain yang harus saya lewati. No doubt about that.

Profit atau loss sudah bukan lagi menjadi hal penting, karena toh tiap hari kita harus berhadapan dengan kenyataan tersebut. So, why bother?

Tapi ada hal-hal lain yang justru mengganggu bagi saya.

Kenapa trading harus mengganggu kehidupan saya? Kenapa tidak ada lagi waktu bagi saya untuk having 'some quality time' dengan keluarga saya? Kenapa saya harus bolak-balik lihat chart setiap beberapa jam setiap hari? Kenapa trading jadi mengganggu konsentrasi pekerjaan utama saya? Kenapa saya menjadi addicted to trading?

Pada awalnya saya berpikir, "That's Okay.., ini semua adalah sesuatu yang harus saya lewati untuk bisa menjadi seorang trader". Tapi sejalan dengan waktu, saya berpikir ulang, "Apa benar saya harus melewati ini semua? Dan apakah semua orang yang sudah menjadi real trader atau pro trader harus melewati proses seperti ini?

Walaupun saya sudah mendapatkan cara/sistem/strategi yang profitable [dalam arti kata profit lebih besar dibanding loss, quantity maupun quality (walaupun masih banyak kekurangan disana-sini)] tapi ternyata itu tidak cukup.

Dibalik itu semua, ternyata ada sesuatu yang hilang....

Akhirnya saya me-review cara trading saya selama ini dan mencari point-point penting yang harusnya ada/tercakup dalam cara trading saya tersebut.

* Suitable? Sudah
* Profitable? Alhamdulilah sudah (walaupun kadang beda tipis :D )

Terus.., apa yang masih kurang?

Hmmm...., ternyata hidup saya tidak lagi nyaman dan menyenangkan semenjak saya mengenal trading....

That's it! That's the missing thing that I have to apply on my 'trading life'...!

Suitable and profitable is not enough. It has to be COMFORTABLE as well...
So, the next thing to do is that I have to create such a SUITABLE, PROFITABLE and yet COMFORTABLE TRADING LIFE.

Did you notice that I changed the word 'system' into 'life'?! That's because I think this is more about psychological matter rather than technical. System won't make our life comfortable. We will. In fact, system will boundary our life. On the other way around, we need to create trading as a part of our life. Trading has to be fun, no matter what the result is.

It's a matter of trading life, not trading system.

(Nah lho..., kok jadi full English, sih?!)

No comments: